Senin, Februari 16

Mengenal Text Tool pada Inkscape

Sama dengan editor vektor lain, Inkscape juga bisa digunakan untuk mengolah teks. Untuk mengedit text dengan Inkscape, bisa dilakukan dengan memilih menu Text lalu pilih Text and Font atau menekan tombol kombinasi keyboard Ctrl + Shift + T. Yang dapat diedit dengan text tool ini antara lain mengubah font, ukuran, text formatting, jarak spasi, orientasi dan lainnya.

Inkscape-text-tool


Untuk membuat sebuah teks bisa diakukan dengan klik text tool pada toolbar disamping kiri atau dengan menekan tombol T pada keyboard. Jika sudah maka toolbar dibagian atas akan berubah menjadi seperti gambar dibawah ini (klik untuk memperbesar gambar). Untuk fungsi dan keterangannya bisa dilihat dibawah ini.

Inkscape text toolbar

1. Font Family


Kolom ini digunakan untuk mengubah jenis font. Misalnya secara default text yang dibuat menggunakan jenis font Sans. Dengan kolom ini kita bisa mengubah jenis font dari sans menjadi arial misalnya. Jika memakai linux dan ingin menambah jumlah font bisa mengunjungi halaman disini untuk langkah menambah font.

2. Font Size


Disini kita dapat mengubah ukuran font untuk teks yang akan dibuat di Inkscape. Ukuran yang dipakai dalam satuan pixel (px).

3. Font Style


Pada kolom ini digunakan untuk mengganti syle dari font yang digunakan. Pilihan yang tersedia (tergantung dari font family yang digunakan) antara lain Normal, Bold dan Italic.

4. Justification


Digunakan untuk mengatur perataan paragraf. Fungsinya dari kiri ke kanan adalah Align Left (rata kiri), center (rata tengah), Align right (rata kanan), dan Justify (rata kiri dan kanan).

5. Superscripts dan Subscripts


Bagi yang belum tahu  Subscript adalah tulisan yang berukuran agak kecil dan letaknya berada sedikit di bawah tulisan normal sedangkan superscript adalah tulisan yang berukuran agak kecil dan letaknya berada sedikit di atas tulisan normal. Fungsi Superscripts dan Subscripts yang paling terasa adalah pada saat penulisan keterangan ataupun rumus matematis.

Superscripts dan Subscripts

6. Line Spacing


Line Spacing digunakan untuk mengatur jarak antara huruf secara horisontal. yang diatur oleh line spacing ini adalah jarak antara huruf dengan menambah atau mengurangi ukuran spasi secara horisontal.Satuan yang digunakan untuk Line Spacing ini adalah pixel (px).

7. Word Spacing


Sama dengan line spacing, word spacing digunakan untuk mengatur jarak antara huruf. Bedanya jika line spacing digunakan untuk mengatur jarak antara huruf dengan menambah atau mengurangi ukuran spasi secara horisontal, maka pada word spacing digunakan secara vertikal. Satuan yang digunakan untuk Word Spacing ini adalah ukuran huruf dalam Pixel (px) yang dikalikan dengan nilai yang dimasukkan pada kolom word spacing.

8. Letter Spacing


Fungsinya hampir sama dengan line spacing. Bedanya jika Line spacing diatur tiap karakter, maka pada letter spacing ini yang diatur adalah tiap kata. Satuan yang digunakan juga sama sama menggunakan pixel (px). Selain menggunakan menu diatas, kita juga bisa mengatur ukuran spacing huruf dengan kombinasi keyboard Ctrl + Alt + > untuk membesarkan / menjauhkan dan Ctrl + Alt + < untuk mengecilkan / merekatkan.

9. Kerning


Proses menyesuaikan ruang antara huruf dalam teks untuk memperbaiki penampilan teks. Contohnya adalah huruf "I" dan "l" dalam kata "Illustrator" dibuat sedikit menjauh agar mudah dibaca. Satuan yang digunakan adalah pixel (px). Untuk contoh bisa dilihat pada gambar dibawah.

Kerning, vertical shift, rotation


10. Vertical Shift


Digunakan untuk mengatur jarak ketinggian sebuah teks. Untuk contoh bisa dilihat pada gambar diatas. Ukuran satuan yang digunakan adalah pixel (px).

11. Rotation


Digunakan untuk mengatur kemiringan sebuah teks. Satuan yang digunakan adalah derajad.

12. Orientation


Digunakan untuk mengatur orientasi teks. Pilihan yang tersedia adalah mendatar atau menurun. Fungsi ini berguna untuk menulis aksara mandarin ataupun jepang yang posisinya menurun. Untuk contoh bisa dilihat pada gambar dibawah.
hanashi kiite text


Demikian sedikit penjelasan fungsi text tool pada Inkscape. Akhir kata selamat berkarya.

Author:

Bregejil yang suka menggambar bebas dan mulai tertarik menggunakan Inkscape (dan GIMP tentunya) serta Ubuntu untuk menggambar hal hal random. Mencoba berbagi pengalaman memakai Linux dan software didalamnya untuk berkreasi.

4 komentar:

  1. Cara menggunakan justifiiy pada inscape gmn ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru bales....
      pertama tama dengan text tool drag and drop buat area untuk teks. setelah itu ketik paragraf yang diinginkan. nah nantinya akan muncul pilihan untuk membuat tulisan rata kanan kiri (justify) di toolbar. tinggal dipilih dan jadi.
      semoga membantu

      Hapus
  2. Bro, klw pengaturan supaya objek tdk berubah ukuran nya , klw kita buka di PC/laptop lain, gmana ya??

    tolong bantuannya

    BalasHapus

Pertanyaan, koreksi, diskusi dan sebagainya silahkan di tulis di kolom komentar