Selasa, Februari 17

Membuat Gambar Rumah Isometrik di Inkscape

Isometrik adalah sebuah teknik menggambar dimana gambar sebuah objek diproyeksikan miring. Cara menggambar isometrik sendiri adalah dengan menampilkan tiga bidang dari objek, yaitu bidang sebelah atas, kiri dan kanan yang semuanya diproyeksikan pada sebuah bidang darat setelah objek tersebut dimiringkan dengan kemiringan tertentu. Ketiga bidang tersebut dibatasi oleh tiga buah sumbu dan masing-masing sumbu membentuk sudut kemiringan yang berbeda. Lebih gampangnya menurut bahasa saya adalah sebuah gambar 2D yang digambar seakan akan objek yang digambar adalah objek 3D.

sumbu xyz


Dengan bermodalkan software pengolah vektor gratisan seperti Inkscape, sebenarnya kita bisa menggambar objek dengan teknik isometrik. Untuk cara menggambarnya sendiri ada semacam teknik khususnya. Seperti apa tekniknya, silahkan disimak.

Pertama tama siapkan sebuah dokumen baru. Atur ukuran dan beri grid isometrik dengan cara klik File lalu pilih Document Properties atau dengan menekan tombol keyboard Ctrl + Shift + D. Setelah itu pada tab Grids ganti Rectangular Grids menjadi Axonometric Grids lalu klik New.

document properties

Agar nantinya saat bekerja menjadi lebih nyaman, set Snap to Object, Snap to Guides dan Snap to Grid menjadi Always Snap semua. Untuk mengaturnya pada tab Snap disebelah tab Grids.

Setelah semua persiapan sudah selesai, mulai buat sebuah persegi menggunakan Rectengular tool dan letakkan sesuai grid yang sudah dibuat sebelumnya. Setelah persegi jadi, convert persegi tadi menjadi path dengan klik menu Path - Object to Path atau dengan kombinasi keyboard Ctrl + Shift + C. Jika sudah, buat persegi tadi menjadi bentuk seperti gambar dibawah ini dengan menggunakan path tool lalu atur titik yang ada di tiap sudutnya.

kubus


Untuk membuat sisi yang lain, duplikat persegi yang sudah di edit tadi menggunakan kobinasi tombol Ctrl + D lalu geser ketempat yang diinginkan. Setelah itu menggunakan path tool atur titik atau node nya hingga membentuk gambar diatas. Setelah itu ulangi langkah tersebut untuk membuat sisi yang lain.

Setelah selesai menggambar bentuk kubus (kotak), Sekarang buat sebuah segitiga menggunakan bezier tool seperti pada gambar dibawah ini. Jangan lupa untuk menaruh node atau titiknya tepat di garis bantu yang telah disediakan agar bentuknya rapi.

segitiga


Selanjutnya duplikat segitiga tadi dan geser lalu bentuk seperti pada gambar.

atap segitiga

Letakkan 2 buah gambar segitiga tadi diatas gambar kotak yang telah dibuat sebelumnya. Jangan lupa tambahkan warna agar gambar menjadi jelas.

rumah

Untuk memberi warna, cukup pilih objek yang akan diberi warna lalu klik pada palet warna dibawah lembar kerja. Disini saya menggunakan warna kuning terang dan kuning gelap untuk warna dinding dan merah untuk warna atapnya.

rumah warna


Agar bentuknya lebih menyerupai rumah, tambahkan jendela dan pintunya. untuk membuatnya sama dengan cara membuat dinding dan atapnya.


Demikian tutorial singkat membuat gambar Isometrik di Inkscape. Anda bisa membuat banyak objek dengan cara ini. Tinggal kreasikan sesuai imajinasi anda. Akhir kata selamat berkarya.

Author:

Bregejil yang suka menggambar bebas dan mulai tertarik menggunakan Inkscape (dan GIMP tentunya) serta Ubuntu untuk menggambar hal hal random. Mencoba berbagi pengalaman memakai Linux dan software didalamnya untuk berkreasi.

0 comments:

Pertanyaan, koreksi, diskusi dan sebagainya silahkan di tulis di kolom komentar