Selasa, Februari 24

Cara Install TAR, RPM dan TGZ di Ubuntu

Alien adalah sebuah tools / software yang berfungsi mengkonversi atau merubah format suatu paket pada Linux. Saat ini ada beberapa format paket yang terkenal untuk distro linux seperti .deb untuk Debian dan turunannya seperti ubuntu, linux mint dll dan .rpm untuk fedora, open suse, mandriva dan lain lain. Tools / software ini biasa digunakan untuk mengkonversi tarball atau file berekstensi .tar atau .tar.gz menjadi .deb agar dapat diinstall pada distro debian dan turunannya.

Alien cartoon

Kali ini kita akan mencoba mengkonversi sebuah paket .rpm yang biasanya terdapat pada disto linux fedora agar dapat di install ke distro ubuntu yang menggunakan deb. Sebelumnya intall terlebih dahulu alien dengan menggunakan perintah berikut :
sudo apt-get install alien

setelah itu jalankan alien. Karena alien hanya berjalan di cli (command line interface) saja maka gunakan perintah berikut untuk menjalankannya
alien

Hasil tampilan dari perintah diatas akan memunculkan daftar keterangan cara penggunaan alien.  Untuk keterangan lain bisa dilihat di man page nya alien.

Konversi .rpm ke .deb


Untuk konversi paket .rpm ke .deb menggunakan syntax berikut
sudo alien --to-deb paket.rpm

sebagai contoh, kita akan mengkonversi paket virtualbox ( VirtualBox-4.3-4.3.22_98236_fedora18-1.i686.rpm) menjadi .deb. Perintahnya adalah sebagai berikut:
sudo alien --to-deb  VirtualBox-4.3-4.3.22_98236_fedora18-1.i686.rpm

Konversi .deb ke .rpm


Kebalikan dari contoh diatas, untuk mengkonversi paket rpm ke .deb caranya juga hampir sama. cukup ganti --to-deb menjadi --to-rpm. Untuk contoh bisa dilihat dibawah ini.
sudo alien --to-rpm dropbox_2015.02.12_i386.deb


Pada Ubuntu untuk menginstall paket hasil konversi tadi bisa menggunakan perintah berikut
sudo dpkg -i paket.deb

sebagai contoh untuk menginstall paket virtualbox hasil konversi tadi maka menggunakan perintah berkut :
sudo dpkg -i VirtualBox-4.3-4.3.22_98236_fedora18-1.i686.deb

Sebelumnya pastikan terlebih dahulu dependensi yang diperlukan sudah terinstall agar tidak mengakibatkan masalah lain.

Author:

Bregejil yang suka menggambar bebas dan mulai tertarik menggunakan Inkscape (dan GIMP tentunya) serta Ubuntu untuk menggambar hal hal random. Mencoba berbagi pengalaman memakai Linux dan software didalamnya untuk berkreasi.

0 comments:

Pertanyaan, koreksi, diskusi dan sebagainya silahkan di tulis di kolom komentar