Sabtu, Februari 14

Cara Install Brush di Gimp

Sebenarnya secara default Gimp sudah menyediakan berbagai macam brush yang bisa dibilang lumayan lengkap. Namun karena keperluan lain, terkadang kita masih menganggap bahwa brush yang disediakan oleh Gimp itu masih kurang. Dan karenanya ada orang yang menambah brush pada gimp untuk keperluan khusus tersebut.

GNU Image Manipulation Program GIMP Splash screen


Selain format brush asli dari gimp .gih maupun .gbr, Gimp sendiri bisa support brush dari adobe photoshop dengan ekstensi .abr (namun tidak semua) sejak versi 2.4. Jika mendownload dari internet dalam bentuk .zip atau .tar silahkan extract dahulu agar brush bisa diinstall. Hal ini dikarenakan gimp tidak bisa membaca brush berada didalam file zip maupun didalam folder lain. Untuk cara menginstallnya bisa dibaca dibawah ini.

Linux 

Pada linux, download lalu extract file zip (jika dalam bentuk zip). Kemudian pindahkan file dengan ekstensi .gih atau .gbr ke dalam folder .gimp-2.8/brushes yang terletak pada folder home user yang sedang digunakan. Karena folder .gimp secara default terhidden (tersembunyi) maka untuk menampilkannya tekan ctrl + h terlebih dahulu untuk menampilkannya.

Install brush gimp

Jika ingin brush yang diinstall bisa digunakan oleh semua user maka pindahkan file brush ke /usr/share/gimp/2.0/brushes. Yang perlu diperhatikan adalah dibutuhkan akses root untuk memindah file brush ke dalam folder tersebut.

brush gimp

Untuk menjalankan atau mencoba brush yang terinstall, restart gimp atau tekan tombol refresh pada bagian pojok kanan bawah dialog brush.

Windows

Pada windows, caranya hampir sama dengan cara install pada linux. Bedanya pindahkan brush ke dalam folder C:\Documents and Settings\username\.gimp-2.8\brushes pada windows xp atau C:\Users\myusername\.gimp-2.6\brushes pada windows vista keatas ( win 7, 8 ataupun 10). Untuk menjalankan atau mencoba brush yang terinstall, restart gimp atau tekan tombol refresh pada bagian pojok kanan bawah dialog brush.

Untuk mendownload brush sendiri bisa mencari di Deviantart, gimpbrush.com atau mencari melalui mesin pencari seperti Google. Jika mempunyai instalasi photoshop juga bisa menyalin brushnya dan memasukkannya ke dalam brush gimp.

Author:

Bregejil yang suka menggambar bebas dan mulai tertarik menggunakan Inkscape (dan GIMP tentunya) serta Ubuntu untuk menggambar hal hal random. Mencoba berbagi pengalaman memakai Linux dan software didalamnya untuk berkreasi.

0 comments:

Pertanyaan, koreksi, diskusi dan sebagainya silahkan di tulis di kolom komentar