Jumat, Februari 6

Install Synapse di Ubuntu 14.04LTS

Synapse adalah sebuah launcher aplikasi yang dibuat untuk desktop Linux.  Fungsinya mirip dengan yang ada pada pencarian Activities GNOME Shell atau Unity Dash. Walaupun secara default, Ubuntu sudah ada fitur serupa. Namun tetap saja keakuratan pencarian dokumen dan kecepatan Synapse belum bisa ditandingi oleh Activities GNOME Shell dan Unity Dash.



Meskipun mempunyai keakuratan pencarian dan kecepatan yang tinggi, Synapse pernah tidak diurus oleh pengembangnya pada tahun 2012. Diperparah lagi Synapse telah dihapus dari Debian sejak adanya bug dan memblokir penghapusan Vala, hal ini mempengaruhi instalasi Ubuntu baru karena sejatinya Ubuntu adalah versi impor dari Debian. Karena itulah Synapse bisa diinstall dari repository Ubuntu 12.04 namun tidak pada repository Ubuntu selanjutnya.

Namun sekarang,  salah satu cara jika ingin menginstall Synapse bisa menggunakan ppa dibawah. Perlu diketahui bahwa ppa ini berisi Synapse versi Bleeding Edge yang mungkin masih mengandung bug. Sebagai saran, cek repositori ubuntu jika sudah ada versi stabilnya segera install versi stabil. 

Untuk melakukan instalasi, buka terminal lalu jalankan perintah berikut :
sudo apt-add-repository ppa:synapse-core/testing
Jika sudah, selanjutnya jalankan perintah dibawah :
ssudo apt-get update
sudo apt-get install synapse

Jika tidak mau memasang software bleeding edge, bisa coba alternatif Application launcher selain Synapse seperti Gnome-do, launchy, atau kupfer. Untuk memasang Gnome-do sendiri bisa melalui terminal dengan menjalankan perintah berikut:
sudo apt-get install gnome-do

Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Author:

Bregejil yang suka menggambar bebas dan mulai tertarik menggunakan Inkscape (dan GIMP tentunya) serta Ubuntu untuk menggambar hal hal random. Mencoba berbagi pengalaman memakai Linux dan software didalamnya untuk berkreasi.

0 comments:

Pertanyaan, koreksi, diskusi dan sebagainya silahkan di tulis di kolom komentar