Jumat, Februari 27

Install dan Update Aplikasi Ubuntu Lama

Ubuntu lama seperti 8.04 Hardy Heron, 8.10 Interpid Ibex, 9.04 Jaunty Jackalope, 9.10 Karmic Koala, 10.04 Lucid Lynx, 10.10 Maveric Meerkat, 11.04 Natty Narwhal, 11.10 Oneiric Ocelot, 12.10 Quantal Quetzal, 13.04 Raring Ringtail, 13.10 Saucy Salamander adalah versi lawas dari Ubuntu yang sudah habis masa supportnya. Walaupun sudah habis masa supportnya, namun masih banyak yang memakai varian lawas Ubuntu ini karena keterbatasan koneksi internet atau memang hardware komputer yang tidak mendukung Ubuntu terbaru.
Ubuntu Logo

Masalah muncul ketika hendak memasang sebuah aplikasi. Setelah memasukkan perintah apt-get yang muncul malah pesan error E: Couldn't find package. Nah, sebenarnya ada cara untuk mengatasi hal ini tanpa harus install ulang Ubuntu. Bagaimana caranya? simak dibawah:

Sebenarnya akar permasalah semua ini adalah karena pada versi lama Ubuntu, repositori dipindahkan ke server Archive yang beralamatkan di http://old-releases.ubuntu.com. Karena itulah Ubuntu lama tidak bisa menginstall atau mengupdate aplikasi karena memang server repositorinya dipindah. Untuk mengakali agar bisa install atau update aplikasi, edit sources.list dengan menggunakan langkah langkah berikut :

  1. Pertama tama buka terminal.
  2. ketikkan perintah berikut :
    sudo sed -i -e 's/archive.ubuntu.com\|security.ubuntu.com/old-releases.ubuntu.com/g' /etc/apt/sources.list

    perintah diatas akan mengakibatkan semua kata archive.ubuntu.com dan security.ubuntu.com berubah menjadi old-releases.ubuntu.com
  3. Setelah itu update ubuntu dengan perintah
    sudo apt-get update && sudo apt-get dist-upgrade
  4. Selesai
Walaupun masih bisa memakai versi lama, namun saya anjurkan untuk tetap mengupgrade ke Ubuntu terbaru untuk keamanan dan kenyamanan. Jika Hardware yang digunakan tidak mendukung, bisa memakai Xubuntu atau Lubuntu yang jauh lebih ringan daripada Ubuntu standard.

Author:

Bregejil yang suka menggambar bebas dan mulai tertarik menggunakan Inkscape (dan GIMP tentunya) serta Ubuntu untuk menggambar hal hal random. Mencoba berbagi pengalaman memakai Linux dan software didalamnya untuk berkreasi.

3 komentar:

  1. Wah, Gan, terima kasih banyak atas postingannya ini, kemarin laptop saya yang sudah diinstal ubuntu 10.10 (sudah 5 tahun) bermasalah karena saya otak-atik untuk instal game (GTA San Andreas), padahal sudah nyaman sekali dipakai. Pas akhirnya rusak (tidak ada tampilan setelah booting), saya bingung, coba pakai ubuntu 16.04 (kylin edition), wifi-nya putus2 dan berat (laptop saya produk tahun 2009-an). Berkat bantuan Agan ini akhirnya laptop saya bisa kembali seperti semula (aplikasi-aplikasinya bisa di-instal dan berjalan lebih baik dari sebelumnya dan malah bisa tambah aplikasi-aplikasi lainnya). Sekali lagi, thanks, Gan. Semoga sukses selalu untuk Agan.

    BalasHapus
  2. good gan, terimakasih atas infonya. sekarang ubuntu saya bisa berjalan dengan baik dan sempurnya. semoga sekses blognya gan, thanks.

    BalasHapus

Pertanyaan, koreksi, diskusi dan sebagainya silahkan di tulis di kolom komentar