Selasa, Juni 2

Membuat Poster Efek Papan Tulis Dengan Inkscape

Jaman sekolah dulu terkadang kita sering menulis pengumuman, acara bahkan sampai PR karena lupa mengerjakannya di rumah menggunakan papan tulis hitam dengan kapur tulis sebagai alat tulisnya. Sekarang kita dapat membuat sendiri poster papan tulis hanya bermodalkan aplikasi pengolah vektor gratis dengan nama Inkscape. Kenapa poster papan tulis? karena poster papan tulis itu tampak sederhana dan memberikan perasaan nostalgic jaman sekolah dulu atau kesan hangat. Karenanya tidak sedikit kedai kopi yang membuat daftar menunya dengan menggunakan efek poster papan tulis ini.

Membuat Poster Chalkboard Inkscape


Di sini saya akan memberikan tutorial tentang cara membuat poster papan tulis atau yang bahasa Inggrisnya Chalkboard / Blackboard poster sendiri. Poster ini nantinya dapat digunakan untuk perayaan ulang tahun si kecil, Iklan kedai kopi, atau bahkan sampul buku. Bagaimana langkahnya silahkan dibaca dibawah ini :

Langkah pertama Download terlebih dahulu peralatan yang diperlukan. Selain Inkscape, anda juga membutuhkan beberapa font yang mendukung. Nah, berikut ini beberapa jenis font yang bisa digunakan (untuk download klik pada nama font) :
Yang perlu diperhatikan, walaupun semua font diatas bisa diperoleh secara gratis namun untuk font Return to Sender dan A Song for Jennifer tidak boleh digunakan untuk keperluan komersil seperti iklan untuk usaha. Jika ingin menggunakannya silahkan menghubungi pembuat font tersebut.

Selain font huruf biasa tentunya juga diperlukan dingbats agar poster yang kita buat nantinya tidak terasa membingungkan dengan banyaknya tulisan.
Setelah download dan install fontnya sekarang simpan terlebih dahulu background papan tulisnya. Background ini berformat png dengan ukuran 1920x1200 pixel dan ukuran file sebesar 1,9MB. Untuk link downloadnya bisa di klik disini.

Sekarang masuk ke langkah langkah membuat posternya. Pertama tama buka Inkscape lalu import gambar papan tulis hitam tadi dengan cara klik File - Import atau dengan tombol kombinasi keyboard Ctrl + I. Jika perlu untuk memotongnya (misal ingin dibuat seukuran kertas a4) maka buat persegi seukuran kertas a4 lalu crop dengan menggunakan menu Object - Clip - Set.

Langkah selanjutnya buat tulisan menggunakan font yang telah terinstall tadi. Agar tulisan bisa rapi ketengah walaupun menggunakan benyak text dengan font yang berbeda, gunakan Align and Distribute yang bisa diakses melalui menu Object - Align and Distribute atau dengan kombinasi keyboard ctrl + Shift + A.

Agar lebih menarik, gunakan Dingbats yang telah didownload sebelumnya. Tidak jarang semasa sekolah dulu kita sering menggambar di papan tulis bukan? Biasanya ketika menulis tugas halaman berapa di papan tulis guru juga akan memberi hiasan di sekeliling tulisannya. Nah dingbats tadi fungsinya sama seperti itu.

Selain warna putih, text atau tulisan juga bisa diberi warna dengan cara klik palet warna dibawah. Lagipula kapur juga ada kan yang berwarna. Untuk pemberian warnanya bebas namun akan terlihat seperti goresan kapur asli jika yang dipilih warna warna terang seperti biru muda, pink, kuning dll.

Karena sebuah poster akan menjadi menarik ketika ditambahkan gambar kedalamnya, maka untuk tutorial membuat gambar dengan efek kapurnya bisa dilihat di post lainnya disini

Selamat mencoba.

Author:

Bregejil yang suka menggambar bebas dan mulai tertarik menggunakan Inkscape (dan GIMP tentunya) serta Ubuntu untuk menggambar hal hal random. Mencoba berbagi pengalaman memakai Linux dan software didalamnya untuk berkreasi.

1 komentar:

Pertanyaan, koreksi, diskusi dan sebagainya silahkan di tulis di kolom komentar