Jumat, Februari 13

Cara Install Font di Linux Ubuntu

Dalam dunia desain ada beberapa jenis font yang tersedia. Yaitu True Type Font (TTF), Open Type Font (OTF) dan Post Script yang dikembangkan oleh Adobe. Masing masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. True Type Font sendiri adalah sebuah jenis font dimanana ukurannya dapat ditingkatkan ke berbagai ukuran, jelas dan mudah dibaca dalam semua ukuran. dan Open Type font sendiri bisa dibilang merupakan hasil pengembangan dari True Type Font.

Install Font Ubuntu

Secara default Ubuntu sudah menyediakan font OTF default dengan nama Ubuntu dan beberapa font lain. Meski begitu tidak sedikit yang menganggap bahwa font bawaan Ubuntu dan beberapa distro linux lainnya  terasa kurang. Entah itu kurang keren atau kurang banyak jumlahnya. Maka dari itu banyak orang berniat menambah font yang terinstall di sistemnya namun sayangnya masih ada saja yang bingung bagaimana caranya. Dibawah ini adalah beberapa langkah untuk menginstall font di Ubuntu.

Cara Pertama


Pertama tama buka file font yang akan diinstall. Cukup klik 2 kali pada file font untuk membuka Font Viewer. Setelah Font Viewer terbuka, klik pada tombol install di pojok kanan atas jendela Font Viewer. Setelah itu akan muncul jendela untuk menampilkan status instalasi dan jika sudah selesai jendela status akan tertutup dengan sendirinya. Kelebihan dari cara ini adalah kita bisa melihat bentuk font yang akan diinstall. Sedangkan kelemahannya adalah waktu yang dibutuhkan untuk instalasi banyak font akan memakan waktu yang tidak sedikit.

Cara ke 2


Untuk cara kedua ini efektif jika digunakan untuk menginstall font dengan jumlah yang tidak sedikit karena tidak memakan banyak waktu untuk melakukannya. Untuk menginstallnya copy semua file font yang akan diinstall kemudian paste ke /home/username/.fonts (ganti username dengan nama username yang sedang digunakan). Jika folder .fonts tidak ada maka buat dahulu folder .fonts. Dikarenakan pada sistem Unix seperti Linux file/folder yang mempunyai nama .(titik) didepannya akan disembunyikan (hidden), maka tekan Ctrl + H untuk menampilkan file yang tersembunyi dan Ctrl + H lagi untuk menyembunyikannya kembali.

Jika ingin font tersedia untuk semua user yang ada didalam disistem, maka pertama tama salin (copy) file font yang akan diinstall kemudian pindahkan ke folder /usr/share/fonts lalu pilih jika font mempunyai ekstensi ttf maka letakkan didalam folder True Type. Dan jika berekstensi otf maka letakkan kedalam Open Type. Perlu di ingat untuk memindahkannya membutuhkan akses dari root (super user).

Semoga bermanfaat.

Author:

Bregejil yang suka menggambar bebas dan mulai tertarik menggunakan Inkscape (dan GIMP tentunya) serta Ubuntu untuk menggambar hal hal random. Mencoba berbagi pengalaman memakai Linux dan software didalamnya untuk berkreasi.

2 komentar:

Pertanyaan, koreksi, diskusi dan sebagainya silahkan di tulis di kolom komentar