Kamis, April 23

Membuat Font Sendiri dengan Inkscape

Inkscape selain dapat mengolah vektor untuk membuat grafik yang bagus ternyata juga dapat digunakan untuk membuat font atau huruf sendiri. Format font yang nantinya akan dibuat adalah SVG. Agar font yang dibuat nantinya dapat digunakan di aplikasi lain seperti Libre Office misalnya maka harus di convert yang langkah langkahnya akan dijelaskan dibawah.


Langkah pertama untuk membuat font adalah tentukan ukuran halamannya. Dalam tutorial ini ukuran lembar kerja yang dipakai adalah 512px x 512px. Jika ukuran lembar kerja sudah diatur, mulai buat bentuk yang diinginkan. Font yang dibuat dapat berupa huruf alphabet atau dingbat (font gambar). Perlu diingat bahwa semua font sudah harus dalam bentuk curve/path. Jika ingin membuat dingbat yang berasal dari gambar yang diimport, maka sebelumnya trace terlebih dahulu gambar yang akan dibuat dingbat dengan cara menekan tombol kombinasi Shift + Alt + B atau menggunakan menu Trace Bitmap di Path - Trace Bitmap.

Setelah semua bentuk huruf yang diinginkan sudah dibuat, buka SVG Font Editor yang bisa diakses di Text - SVG Font Editor. Selain itu buka juga jendela Align and Distribute yang bisa dibuka melalui shortcut Ctrl + Shift + A atau dengan membukanya melalui menu Object - Align and Distribute untuk mengatur letak font yang kita buat agar posisinya pas di tengah. Kembali ke jendela SVG Font Editor, pertama tama buat font baru dengan cara klik New. Setelah itu klik font yang baru saja dibuat (Font 1) lalu pada tab Global Settings di sebelahnya beri nama font kita pada kolom Font Name. Kemudian pada kolom Set Width dibawahnya masukkan angka 512 (sesuai dengan ukuran lembar kerja).



Selanjutnya beralih ke tab Glyphs, pada bagian ini buat glyphs sebanyak karakter yang dibuat dengan cara menekan tombol Add Glyph. Setelah itu pada bagian Matching String masukkan karakter yang sesuai dengan bentuk font yang dibuat. Misalnya kita akan membuat huruf A (kapital) maka pada bagian Matching String masukkan huruf A begitu seterusnya sampai semua karakter ada.



Jika sudah, posisikan bentuk huruf yang akan dimasukkan ke tengah lembar kerja dengan menggunakan Align and Distribute seperti gambar dibawah. Kemudian klik path/curve yang akan dimasukkan lalu klik Get Curves Fron Selection. Lakukan terus hingga semua karakter sudah berhasil dimasukkan.


Langkah terakhir simpan ke dalam bentuk .svg kemudian convert menggunakan beberapa layanan convert font online dibawah ini

Misalnya kita akan menggunakan layanan dari www.freefontconverter.com, pertama tama klik tombol upload lalu pilih akan dikonversikan ke format apa. Agar mudah pilih ttf saja. Sebagai tambahan, untuk perbandingan TTF dan OTF dan cara instalasi font di Ubuntu bisa dilihat disini.


Contoh hasil yang saya kerjakan bisa didownload melalui google drive disini.

Author:

Bregejil yang suka menggambar bebas dan mulai tertarik menggunakan Inkscape (dan GIMP tentunya) serta Ubuntu untuk menggambar hal hal random. Mencoba berbagi pengalaman memakai Linux dan software didalamnya untuk berkreasi.

0 comments:

Pertanyaan, koreksi, diskusi dan sebagainya silahkan di tulis di kolom komentar