Selasa, April 14

Cara Install Natron di Ubuntu

Natron adalah sebuah software yang digunakan untuk compositing. Fungsinya sendiri mirip dengan yang ada di Adobe After Effect. Perbedaan mendasar antara Natron dengan Adobe After Effect adalah Natron bersifat free open source dan menggunakan basis tampilan yang berupa node. Mudahnya sih Natron adalah versi gratis After Effect yang bisa diunduh siapapun.

Untuk install natron di Ubuntu 14.04 pertama tama download versi terbaru yang bisa didapatkan di situs webnya di https://natron.inria.fr/install/. Perlu diketahui Natron bisa berjalan di banyak platform. Jadi pengguna Mac OSX, Windows maupun Linux bisa menginstall Natron. Selain itu sebelum melakukan instalasi Natron juga perhatika spesifikasi komputer yang akan di pasang Natron. Dikutip dari web resminya sendiri, Spesifikasi minimum yang diperlukan adalah:
  • Windows Vista/7/8 atau
  • Mac OSX 10.6 atau yang lebih baru atau
  • Semua distribusi Linux asal memiliki/terinstall paket Qt4/5 ,boost, OpenImageIO, OpenColorIO, FFmpeg dan glew.
  • RAM minimal 3GB (8GB lebih dianjurkan)
  • Ruang kosong di HDD 5GB (10GB lebih dianjurkan) untuk file temporary dan caching
  • Resolusi minimal 1280 X 1024 pixel
  • Open GL 1.5 atau 2.0

Jika file yang diperlukan sudah diunduh, pertama tama extract file yang didownload tadi. Karena dalam file tar.gz tadi hanya ada 1 file executable maka buka saja file tersebut (namanya Natron_Linux_x86_32bits_v1.2.1). Jika sudah maka akan muncul tampilan window seperti berikut ini :


Pilih next untuk menuju halaman berikutnya.


Selanjutnya akan diminta dimana letak folder instalasi natron akan berada nantinya. Jika sudah klik next.


Setelah itu pilih komponen yang akan diinstall. Kalau ingin lengkap ya tinggal pilih saja semuanya. Jika sudah klik next.






Setelah itu akan muncul jendela license agreement. Terlihat banyak karena tiap komponen memiliki license agreement sendiri sendiri.





Setelah itu akan muncul window summary. Cek apakah komponen yang ingin diinstall telah tersedia atau tidak. Jika tidak silahkan kembali.





Langkah selanjutnya tunggu hingga instalasi selesai.


Setelah selesai menunggu akan muncul window seperti diatas. Jika ingin langsung mencoba natron klik tanda centang pada Run Natron Now.





Walaupun instalasinya di Ubuntu namun ternyata cara installnya mirip seperti install kebanyakan aplikasi windows. Akhir selamat mencoba.

Author:

Bregejil yang suka menggambar bebas dan mulai tertarik menggunakan Inkscape (dan GIMP tentunya) serta Ubuntu untuk menggambar hal hal random. Mencoba berbagi pengalaman memakai Linux dan software didalamnya untuk berkreasi.

0 comments:

Pertanyaan, koreksi, diskusi dan sebagainya silahkan di tulis di kolom komentar