Kamis, April 30

Membuat Efek Foto Klasik / Vintage di GIMP

Teknologi semakin lama semakin berkembang, begitu pula dengan teknologi yang diterpkan pada kamera. Jika pada zaman dahulu kamera hanya dapat menagkap gambar berwarna hitam putih dengan resolusi kecil maka sekarang kamera berwarna dengan resolusi super besar pun semakin canggih. Walaupun kamera canggih sudah umum digunakan tidak sedikit orang yang ingin foto hasil jepretannya agar mempunyai efek seperti kamera klasik dengan pewarnaan yang sedikit pudar (sephia). Dengan menggunakan editor grafis seperti GIMP, efek gambar kamera klasik / vintage pun mudah untuk diterapkan. Ingin mencoba ? berikut langkah langkahnya:

Efek Vintage pada Gimp
Hasil

  1. Pertama tama siapkan gambar yang akan diberi efek vintage lalu buka dengan menggunakan GIMP (GIMP yang digunakan adalah GIMP 2.8 Ubuntu).

  2. Buat 3 layer kosong dengan cara menekan kombinasi shortcut Ctrl + Shift + N. Pada bagian Layer Fill Type pilih Transparency. Jika layer sudah terbentuk, duplikat layer kosong tersebut 2 kali dengan cara klik kanan layer1 kemudian pilih Duplicate Layer.

    Add new layer Gimp

  3. Dengan menggunakan Bucket Fill Tool (icon ember tumpah) isikan masing masing layer dengan warna yang memiliki kode warna Hexadecimal berikut : #FBF2A3 #E865B3 #0949E9.

    change foreground color Gimp

  4. Pada Layer dengan warna yang memiliki kode #FBF2A3 atur Layer Mode ke Multiply dengan Opacity sekitar 60. Untuk layer dengan kode warna #E865B3 dan #0949E9 atur Layer Mode ke Screen dengan Opacity masing masing sebesar 20,5 dan 17,2.

    efek vintage Gimp

  5. Jika sudah, gabungkan semua layer menjadi satu dengan cara klik menu Image - Flatten Image. Selesai sudah.
Mudah bukan? untuk warna dan opacity bisa diganti sesuai keperluan. Jadi tidak harus sesuai dengan tutorial diatas. Akhir kata selamat mencoba.

Author:

Bregejil yang suka menggambar bebas dan mulai tertarik menggunakan Inkscape (dan GIMP tentunya) serta Ubuntu untuk menggambar hal hal random. Mencoba berbagi pengalaman memakai Linux dan software didalamnya untuk berkreasi.

0 comments:

Pertanyaan, koreksi, diskusi dan sebagainya silahkan di tulis di kolom komentar