Minggu, Agustus 2

Extension GNOME SHELL Yang Wajib Di Install

GNOME SHELL adalah sebuah Desktop Environtment yang dikembangkan oleh GNOME Team. Pada awal kemunculannya, GNOME SHELL ini dikritik habis habisan karena absennya fitur fitur untuk modifikasi tampilan seperti Memindah panel, mengganti tata letak, mengganti warna panel dan sebagainya yang sebenarnya ada di GNOME 2.xx. Menjawab tantangan akan hilangnya fitur fitur kustomisasi ini, pihak pengembang GNOME akhirnya memperkenalkan GNOME Shell extension dimana user dapat menambahkan fitur yang tidak tersedia secara default.

Tweak tool gnome


Sebelumnya, bagi pengguna GNOME Shell versi 3.8 kebawah diharuskan untuk menginstall Gnome Tweak Tool atau Advanced setting. Bagi pengguna Ubuntu, untuk menginstallnya cukup gunakan perintah berikut.
sudo apt-get install gnome-tweak-tool

Berikut beberapa extension GNOME Shell yang penting dan sangat perlu untuk di Install.

Caffeine


Caffeine adalah sebuah extensi yang berguna untuk mencegah screen saver atau lock screen berfungsi. Extensi ini sangat penting terutama ketika sedang menonton film atau video secara online yang dimana durasinya jauh lebih panjang daripada time out layar laptop kita.

Dash to Dock


Tampilan standar GNOME Shell memang terlihat sederhana dari 'pabriknya'. Karena itu banyak orang memodifikasi tampilan GNOME shellnya agar terlihat rame. Salah satu modifikasi tersebut adalah menambahkan dock mirip yang dipaki Unity atau Mac OSX. Bagi yang tidak mau repot menginstall aplikasi dock, bisa dicoba ekstensi buatan michelle_g ini. Selain menampilkan dock yang awalnya hanya bisa diakses melalui menu Activities ini, ekstensi ini juga mempunyai kemampuan untuk mengganti letak tombol menu, mengganti ukuran panjang dock dan memindah letak dock ke bawah. Sayangnya untuk memindah letak dock ke bawah diperlukan GNOME Shell versi 3.12 keatas.

Activities Configurator


Sesuai namanya, ekstensi ini digunakan untuk mengatur tombol Activities di pojok kiri atas tampilan GNOME Shell. Ekstensi ini dapat mengatur seberapa besar sensitivitas tombol terhadap cursor, memindah hot corner, mengganti tulisan Activities dan sebagainya. Selain itu ekstensi buatan nls1729 ini juga bisa dipakai untuk mengganti warna panel jika menggunakan tema default.

Applications Menu


Sejak pertama kalinya diperkenalkannya tombol activities, banyak orang yang kurang suka dengan konsep tombol activities. Karena itulah banyak yang akhirnya meninggalkan Gnome lalu pindah ke Desktop Environment lain yang masih menggunakan tombol menu tradisional. Karena itulah Ekstensi Applications Menu untuk Gnome Shell ini ada. Ekstensi ini digunakan untuk menggantikan tombol activities dengan tombol menu aplikasi. Untuk pengguna Gnome Shell 3.8 keatas tidak perlu pusing untuk menginstall ekstensi ini karena ekstensi ini telah tersedia secara default dan dapat diakses melalui tweak tool.

Sebenarnya masih banyak ekstensi untuk Gnome Shell lainnya yang tidak kalah penting dan keren. Kalau mau mencari lebih banyak ekstensi lainnya bisa kunjungi extensions.gnome.org. Disana ada ribuan ekstensi yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Tapi selalu ingat kalau terlalu banyak ekstensi dapat memperlambat kinerja komputer.

Author:

Bregejil yang suka menggambar bebas dan mulai tertarik menggunakan Inkscape (dan GIMP tentunya) serta Ubuntu untuk menggambar hal hal random. Mencoba berbagi pengalaman memakai Linux dan software didalamnya untuk berkreasi.

0 comments:

Pertanyaan, koreksi, diskusi dan sebagainya silahkan di tulis di kolom komentar