Kali ini kita akan mencoba menggambar karakter Hatsune Miku (Vocaloid) dengan style gambar Super Deformed atau chibi ini menggunakan software Inkscape. Untuk langkah langkahnya bisa dilihat dibawah ini.
- Buat sebuah persegi panjang dengan menggunakan Rectangle Tool. Jika sudah convert persegi panjang tersebut menjadi sebuah path dengan menggunakan kombinasi keyboard Ctrl+K. Selanjutnya buat bagian bawah persegi panjang tadi menjadi membulat dengan menggunakan Node tool. Selanjutnya klik titik disudut bawah persegi panjang tersebut sambil menekan tombol Ctrl untuk membuat sudut 90 derajat menjadi melengkung.
Untuk menambahkan rambut bisa menggunakan Bezier tool dan bentuk sesuai dengan keinginan. - Selanjutnya buat badan dengan menuggunakan Rectangle tool. Convert menjadi path lalu pada dua titik diatas digeser ke kanan/kiri agar jaraknya semakin berdekatan (lihat gambar). Setelah itu buat sudut menyiku bagian atas menjadi melengkung dengan klik titik bagian atas sambil menekan tombol Ctrl.
Untuk membuat tangan bisa dengan menggunakan Bezier tool dan untuk merapikannya menggunakan Node tool. Tergantung dari bagaimana bentuk/posisi tangan karakter yang akan digambar. Karena yang digambar adalah karakter super deformed maka jari tangan tidak perlu digambar dan ukuran badan harus lebih kecil daripada kepala. - Sekedar tambahan karena karakter yang saya gambar memakai kemeja tanpa lengan dan sebuah dasi maka untuk menggambar kerah baju gunakan Bezier tool untuk membuat gambar seperti pada gambar dibawah ini. setelah selesai, ambil menggunakan Selector tool lalu duplikat gambar. Setelah itu balik gambar menggunakan menu yang ada pada toolbar. Setelah itu letakkan sejajar dengan kerah baju sebelahnya.
Selanjutnya gambar sebuah dasi menggunakan Bezier tool. - Selanjutnya menggambar rok. Cara menggambarnya buat sebuah segi 6 tidak beraturan menggunakan Bezier tool. setelah itu buat sebuah segi 5 tanpa alas yang juga dibuat menggunakan Bezier tool. Terakhir buat sebuah persegi tanpa alas menggunakan Bezier tool lagi. Setelah semua sudah tergambar, tumpuk ketiga bagian menjadi satu.
- Setelah rok, sekarang buat sebuah persegi panjang menggunakan Rectangle tool. Setelah itu menggunakan Node tool tarik sisi kiri dan kanan persegi panjang agar tampak melengkung. Jangan lupa alas bawah juga ditarik agar melengkung.
Setelah satu bagian sudah selesai, sekarang duplikat lalu balik dan pasangkan sejajar dengan kaki satunya. - Karena karakter yang saya gambar memakai kneesock (sejenis kaus kaki cuma sampai lutut), maka untuk membuatnya buat sebuah path ditengah kaki menggunakan Bezier tool, kemudian lengkungkan menggunakan Node tool. Setelah itu menggunakan Bucket Fill tool isikan warna antara lutut sampai ujung bawah kaki.
- Warnai kulit karakter yang digambar. Untuk warna saya menggunakan fff6d5ff (RGBA) untuk kulit, 40% grey untuk baju, 70% grey untuk rok dan 55ddffff untuk rambut dan dasi. Setelah semua bagian selesai diberi warna, pilih bagian kulit (tangan, kaki, wajah) dengan Selector tool lalu tekan tombol Home pada keyboard agar tingkatnya menjadi paling bawah.
- Hampir terlupa, sekarang gambar ekspresi wajah. Perlu diingat bahwa gaya super deform ini biasanya digunakan ketika karakter sedang mengalami hal yang dianggap lucu dan hiperbola. Karena itu untuk gambar mata cukup gunakan Ellipse tool. Untuk alis gunakan rectangle tool lalu miringkan sekitar 45 derajad. Setelah salah satu sisi jadi, duplikat lalu balik untuk sisi yang lainnya.
- Setelah mata selesai sekarang saatnya menggambar mulut. Pertama tama buat sebuah persegi panjang menggunakan Rectangle tool. Kemudian convert menjadi curve. setelah itu, tambahkan beberapa node dengan cara klik add nodes pada toolbar ketika menggunakan Node tool. Setelah itu buat lengkungan dan sesuaikan.
- Saat ini sebenarnya karakter yang digambar sudah jadi, hanya saja karena karakter yang saya gambar memiliki ciri khas berupa twintail, maka untuk menggambar twintail menggunakan Bezier tool lalu bentuk sesuai gambar dibawah.
Selanjutnya gunakan Node tool untuk mengatur lengkungan agar sesuai yang diinginkan. Jika satu sisi sudah jadi, selanjutnya duplikat lalu balik untuk membuat sisi yang lain.
Untuk sentuhan akhir, pertebal garis luar (outline). Untuk mempertebal garis bisa menggunakan Fill and Stroke. Untuk membuka menu Fill and Stroke bisa menggunakan kombinasi keyboard Ctrl + Shift + F atau bisa melalui menu Object - Fill and Stroke. Jika sudah terbuka, masuk ke tab Stroke Style lalu ganti nilai yang ada pada kolom Width.
Akhir kata, Selamat mencoba.
0 comments:
Pertanyaan, koreksi, diskusi dan sebagainya silahkan di tulis di kolom komentar