Jumat, Februari 13

Cara Konek Modem Huawei di Ubuntu

Sebenarnya cara ini tidak hanya bisa berjalan di modem usb merk huawei saja. Banyak modem usb yang sudah bisa support linux walaupun pada kemasannya sendiri tidak ada tulisan atau keterangan yang menyatakan bahwa modem support untuk linux. Hal ini disebabkan karena pada kernel atau inti dari Linux sudah tertanam kode untuk driver hardware kita. Beberapa modem yang saya coba dan berhasil menggunakan cara ini antara lain Vodafone (Huawei) K3565 Rev2, Huawei EC1261, Prolink PHS301, dan masih banyak lagi.

Untuk langkah memasang modem usb di ubuntu bisa dilihat dibawah. Sebagai pembanding, saya menggunakan Ubuntu 14.04.1.

  1. Setelah modem usb dipasang kedalam port usb, tunggu sebentar hingga modem usb kira kira sudah siap untuk digunakan (perhatikan saja lampu indikator yang ada pada modem). Jika sudah buka network connections.
    Network Connection Ubuntu
  2. Setelah jendela Network Connections muncul, selanjutnya klik add untuk membuat koneksi baru.
  3. Selanjutnya pilih tipe koneksi yang akan digunakan. Karena dalam tutorial kali ini digunakan untuk menginstall modem usb, maka pilih Mobile Broadband.
    connection type ubuntu
  4. Setelah itu pilih nama device atau modem usb yang akan digunakan. Disini saya menggunakan Vodafone k3565 Rev2. Namun karena sejatinya modem ini dibuat oleh Huawei, maka yang nampak adalah modem dengan merk huawei.
    modem usb huawei
  5. Selanjutnya pilih negara tempat kita berada. Karena saya berada di Indonesia, maka pilih Indonesia.
    Select region
  6. Setelah memilih negara, selanjutnya pilih nama operator seluler yang kita gunakan. Jika tidak ada dalam list, klik I can't find my provider and wish to enter it manually lalu ketikkan nama operator seluler yang digunakan.
    Pilih operator seluler
  7. Setelah itu pilih plan atau paket yang digunakan. Sebetulnya tidak pengaruh juga sih, karena ketika saya menggunakan kartu Indosat ini, saya menggunakan plan Time Based, namun kenyataannya yang terpakai adalah volume based karena kuota internet berkurang terus. Plan disini dimaksudkan untuk memilih apn saja. Jika ingin menggunakan apn lain, isi sendiri pada kolom dibawahnya setelah memilih My plan is not listed pada kolom Select your plan.
    pilih apn indosat
  8. Jika sudah klik continue, maka koneksi modem sudah jadi. Selanjutnya akan muncul jendela Editting koneksi. Disini kita bisa mengganti apn, ip address maupun dns. Untuk mengganti dns, klik IPv4 Settings lalu ketikkan alamat dns yang akan digunakan pada kolom DNS Serves. Jika sudah klik Save untuk menyimpan.
    Edit DNS ubuntu
  9. Untuk melakukan koneksinya sendiri, klik pada icon network manager (gambar komputer pada panel) lalu klik pada nama koneksi yang telah dibuat tadi.

Jika modem usb tidak terdeteksi, coba update dahulu kernel menggunakan wi-fi difasilitas umum atau pindam modem teman terlebih dahulu. Jika update kernel masih juga belum bisa membuat modem terdeteksi, bisa dicoba melakukan upgrade terlebih dahulu ke versi yang lebih baru.

Akhir kata, selamat mencoba. Semoga berhasil.

Author:

Bregejil yang suka menggambar bebas dan mulai tertarik menggunakan Inkscape (dan GIMP tentunya) serta Ubuntu untuk menggambar hal hal random. Mencoba berbagi pengalaman memakai Linux dan software didalamnya untuk berkreasi.

1 komentar:

  1. Kalo wifi juga biasanya harus diswitch off, kemudian di on lagi baru bisa muncul. kenapa ya gan ?

    BalasHapus

Pertanyaan, koreksi, diskusi dan sebagainya silahkan di tulis di kolom komentar